Tradisi HUT Prov Sulut Ke – 57, Gubernur Olly Bersama Wagub Steven Rangkaikan Sejumlah Kegiatan

  • Whatsapp

SULUT, sulutexpres.com – HARI ULANG TAHUN (HUT) ke-57 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang jatuh 23 September 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) melakukan tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut hingga puncak acara sukses digelar.

Merayakan HUT ke-57 diawali dengan Ziarah ke Makam para Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan setiap tahunnya sebelum HUT Provinsi 23 September 2021. Hal ini membuktikan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw tidak melupakan sejarah dan tentu perjuangan cita-cita para pendahulu harus dilanjutkan.

Patut dibanggakan karena tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun sulut dimasa kepemimpinanya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Hut Provinsi seksi Baksos dan Ziarah Dinas Sosial dan Biro kesra telah menjadwalkan dengan membagi Tim Gubernur Olly Dondokambey dan Tim Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Tim Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Edwin Silangen melakukan Ziarah di makam mantan Gubernur Dr Samratulangi, makam mantan Gubernur S. H Sarundajang, makam mantan Gubernur A.J Sondakh. Yang hari sebelumnya Gubernur Olly memimpin Upacara ziarah ke makam mantan Gubernur/Wakil Gub Sulut di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta bersama Perwira TNI Polri dari Sulut yakni mantan gubernur F. J Tumbelaka, C. A Baramuli, G. H Mantik, Willy Lasut

Upacara ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang, makam mantan Gubernur CJ Rantung di Taman Makam Pahlawan, dan makam mantan Wakil Gubernur Achmad Nadjamudin di Tuminting, Manado.

Rangkaian Upacara:
Laporan Komandan Upacara oleh karo Clay Dondokambey, Penghormatan oleh Inspektur Gubernur Olly, sekaligus peletakan Karangan Bunga diikuti tabur bunga oleh undangan.

Menarik dimana yang menjadi komandan upacara kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana untuk ziarah yang di lakukan Tim Gubernur semuanya merupakan alumni lemhanas :

• Upacara Ziarah ke Makam Dr. Sam Ratulangi ( Kadis Perhubungan) Linda Watania

• Upacara Ziarah ke Makam Dr S.H. Sarundajang (Kadis PM-PTSP) Frangky Manumpil

• Upacara Ziarah ke Makam Drs. A.J. Sondakh ( Karo Pemotda) Jimmy Kumendong

• Upacara Ziarah ke Makam Fredy Sualang (Karo Umum) Clay Dondokambey.

Sebelumnya, Sambut HUT ke-57 Provinsi, Pemprov bekerja sama dengan TP-PKK Sulut menyalurkan Bantuan Uang Tunai kepada Para Korban Bencana Musibah Kebakaran di Pasar Tua Kota Bitung dan Korban Puting Beliung di Minahasa Selatan (Minsel), Kamis (9/9/2021).

“Bantuan uang tunai ini atas kepedulian Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang bekerja sama dengan PKK Sulut,” tutur Ketua TP-PKK Sulut Rita M. Dondokambey Tamuntuan.

Sebanyak 174 kepala keluarga (KK) Korban kebakaran di Bitung mendapatkan bantuan rusak ringan sebesar Rp. 1.500.000,- per KK, dengan total Rp. 261 juta.

Selanjutnya, penyerahan bantuan di Minsel disaksikan langsung Bupati Franky Wongkar beserta Ketua TP PKK Elsje R. Wongkar Sumual, Wakil Ketua DPRD Steven Lumowa, dan Sekretaris Daerah Minsel Denny P. Kaawoan.

Sejumlah 125 KK korban puting beliung di Minsel, terbagi atas Desa Tumaluntung 57 KK dan Desa Tumaluntung I sebanyak 68 KK, menerima bantuan bagi rumah rusak berat sebesar Rp. 2.000.000 per KK, Sementara rusak ringan diberikan Rp. 1.500.000 per KK. Total bantuan yang diterima Rp 216,5 juta.

Dalam kesempatan ini, juga diserahkan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran Pasar Pinaesaan, Tompaso Baru.

Dilanjutkannya dengan acara puncaknya, 23 September 2021. Dilaksanakan di halaman kantor Gubernur, secara live di TV Nasioalnal dan YouTube Pemprov Sulut.

Dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang dikemas secara visual terkait kilas balik Sejarah, launching aplikasi
Dan tampilan Vidio atas Penganugerahan Gubernur Terpopuler di media digital AHI 2021.

Diketahui, Gubernur Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), didampingi Wakil Gubernur para pemimpin daerah di 15 Kab/Kota, seluruh Pejabat di lingkungan Pemprov Sulut.

Disela-sela upacara, sejumlah penghargaan diserahkan secara langsung oleh gubernur dan wagub yang tentu membahagiakan bagi penerima. Capaian keberhasilan dan penghargan ada begitu banyak yang diraih oleh Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan OD-SK.

Momen upacara HUT ke-57 pula, Gubernur Olly melaunching tiga aplikasi terbaru layanan inovasi, yakni aplikasi 1DataSulut, Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign, yang dipercaya dapat mewujudkan tata kelola data yang akurat, mutakhir, terpadu, serta dapat dipertanggungjawabkan.

MarkPlus, Inc juga menganugrerahkan CI-EL Medal of Distinction 2021 kepada Gubernur Olly Dondokambey sebagai bentuk pengakuan atas capaian, melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir ini.

Seperti kreativitas dalam menjadikan pengembangan Sulut sebagai salah satu destinasi wisata utama menjadi daerah tujuan utama untuk perdagangan dan investasi di Sulawesi.

Keberhasilan Gubernur Olly Dondokambey disektor Pariwisata juga berdampak kepada Sektor Perdagangan (ekspor tuna ke Jepang dan produk perikanan ke mancanegara) dan mendorong investasi di KEK Pariwisata Likupang.

Usai upacara HUT di Kantor Gubernur, dilanjutkan dengan rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi.

Dengan di rayakan HUT ini menguatkan masyarakat, bahwa walaupun di tengah pandemi serba terbatas tapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi dan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini.

(ADVETORIAL DISKOMINFO SULUT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *