Impounding Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kepala BWSS I Komang Sudana : Dengan Bottom Outlet dan Drop Intake Suplai Airnya Masih Ada

SULUT, SulutExpres.com – Mengenai pengisian awal waduk (impounding) Bendungan Kuwil Kawangkoan, begitu bendungan ditutup sebenarnya masih ada fasilitas bottom outlet.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) I Manado, Ir. I Komang Sudana, M.T. saat dikonfirmasi media ini, di kantornya, Jumat (9/12/2022).

“Diameter itu kan 50 centimeter, mungkin karena begitu ditutup pintu intake terowongan dibawahnya langsung berkurang banyak dan mempengaruhi intake PDAM. Tetapi dengan bottom outlet, begitu pintu intake ditutup suplai airnya masih ada walaupun memang kecil,” jelas Komang.

“Nanti pada saat akan air naik, itu namanya drop intake, adanya di elevasi 83. Kalau saya tidak salah mungkin sekitar lima hari itu sampai di atas. Begitu air sampai di drop intake, air akan turun dan langsung keluar lagi di outlet,” sambungnya.

Dia menjelaskan bahwa diameter pipa itu besar, sehingga akan menambah debit yang ada di sungai Tondano lagi.

“Nah ini kan sekarang airnya sudah normal, jadi persoalannya itu sudah selesai,” ujarnya.

Dia berharap, kedepannya kalau bendungan ini sudah selesai, akan dibangun spam regional untuk kebutuhan air Kota Manado, Kota Bitung dan Minahasa Utara.

“Mudah-mudahan kita tutup semua pintunya, pipa air bakunya melalui terowongan itu, keluar nanti ada pipa yang suplai kebutuhan air melalui pipa itu. Tapi konstruksinya itu butuh waktu yang panjang,” katanya.

“Selama itu belum dibangun, pipa di terowongan untuk air baku kita buka terus, sehingga kebutuhan air di bawah itu masih tetap ada dan tidak mempengaruhi kebutuhan air. Jadi saya dan pak Wali Kota Manado sudah berkomunikasi dan saya informasikan semuanya,” tambahnya.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *