Gubernur Olly Apresiasi Kinerja Bawaslu Serta Stakeholder Terkait Pengawasan Pilkada 2020

  • Whatsapp

SULUT, sulutexpres.com  – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berperan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sulawesi Utara. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penyampaian Hasil Akhir Pengawasan Pilkada Tahun 2020 di Sulut, di Ruang Mapalus Kantor Gubernur (17/5/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara ini, Gubernur Olly menerima laporan hasil penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 beserta piagam dari Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda yang didampingi oleh anggota Bawaslu Sulut.

“Terima kasih kepada Bawaslu atas laporan hasil akhir yang sudah disampaikan. Apresiasi Saya berikan kepada jajaran Bawaslu yang atas jalinan kerjasama yang baik dengan pihak KPU, Forkompinda, aparat keamanan dan seluruh stakeholder terkait, Pilkada di Sulut boleh berjalan aman dan lancar,” ujar Gubernur.

Gubernur mengungkapkan, suksesnya penyelenggaraan Pilkada salah satu indikatornya dapat dilihat dari tingkat partisipasi pemilih yang mencapai 78,72 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih lewat dari 70%, melebihi harapan kita. Padahal kita tahu bersama, Pilkada Tahun 2020 di selenggarakan di tengah pandemi Covid-19, yang punya tantangan tersendiri,” terangnya.

“Selain itu, pelaksanaan Pilkada 2020 tidak ada hal yang benar-benar mengkhawatirkan. Memang ada sengketa hasil pilkada, tapi tidak ada yang sampai di tingkat pengadilan. Semuanya berjalan dengan baik sampai proses pelantikan. Ini berarti pengawasannya juga baik,” sambungnya.

“Saya kira hal ini juga yang membuat KPU dan Bawaslu Sulut kemudian mendapatkan penghargaan dari KPU dan Bawaslu pusat,” tambahnya.

Untuk itu, di akhir sambutannya Gubernur mengharapkan, lewat suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2020 di Bumi Nyiur Melambai, para pemimpin yang terpilih dapat menjalankan amanat yang diberikan oleh masyarakat demi kemajuan Sulawesi Utara yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda melaporkan sejumlah kendala yang dihadapi Bawaslu, utamanya yang terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.

“Namun karena ada kerjasama dan koordinasi yang baik dari seluruh pihak, Pilkada boleh terselenggara dengan baik.
Memang, kami menerima dua laporan terkait sengketa pilkada yang berproses ke Mahkamah Konstitusi, yaitu di Kabupaten Bolaangmongondow Timur dan Kota Manado. Namun, namun tidak sampai pada proses pembuktian,” jelas Ketua Bawaslu.

Dalam rakor evaluasi ini juga digelar penyerahan piagam penghargaan dari Gubernur Sulut yang didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada kepada jajaran Forkopimda serta perwakilan Pengawas Ad-hoc dalam Pilkada Tahun 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Sulut serta para bupati-wakil bupati dan walikota-wakil se-Sulut. Selain itu, kegiatan ini diikuti secara virtual oleh Ketua DPRD kabupaten/kota dan jajaran Bawaslu kabupaten/kota.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *