KEGIATAN PENANAMAN POHON SERENTAK DI PROVINSI SULAWESI UTARA

Minahasa Utara, Kamis, 07 Maret 2024. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali mengadakan kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini, Kamis 07 Maret 2024. Kegiatan penanaman pohon serentak hari ini merupakan kegiatan penanaman pohon yang ke empat dalam rangkaian kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia. Khusus kegiatan penanaman pohon serentak yang dilakukan hari ini sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2024 yang ke-41 yang diperingati setiap tanggal 16 Maret.

Kegiatan penanaman pohon serentak di Sulawesi Utara, dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Ary Sudijanto, MSE dan dihadiri oleh unsur dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara, UPT Lingkup Kementerian LHK, TNI/POLRI, Organisasi Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar. Kegiatan penanaman serentak di Provinsi Sulawesi Utara dipusatkan di Desa Talawaan Atas, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Area penanaman merupakan lokasi Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan luas 1 Ha dan jumlah bibit yang ditanam 500 batang terdiri dari tanaman MPTS dan tanaman kehutanan seperti Mangga, Durian, Alpukat dan Cempaka.

Kegiatan penanaman pohon serentak ini merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon.

“BANGUN HARMONI DENGAN ALAM, MULAILAH MENANAM”

(Egen)

Pos terkait