BWSS I Berusaha Cepat Selesaikan Pembangunan Revetment di Teluk Manado

SULUT, SulutExpres.com – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I bekerjasama dengan pihak kontraktor sudah berusaha melaksanakan pekerjaan Pembangunan Revetment di Teluk Manado (Kompleks Pasar Bersehati) nilai kontrak Rp11,12 miliar bersumber dari dana APBN.

Sebagaimana disampaikan Kepala SNVT PJSA BWS Sulawesi I Alfian Palisungan melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai I Teddy Sorey, kepada media ini, dikantornya, Kamis (25/01/2024).

“Kita berusaha bekerja sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita juga berusaha pekerjaan ini bisa selesai sesuai dengan kesepakatan waktu, karena pihak kontraktor sudah menyatakan bersedia membuat action plan untuk secepatnya bisa menyelesaikan pekerjaan,” ujarnya.

Dijelaskan, saat ini yang sudah dilakukan yaitu pekerjaan utama (major item), tiang pancang Concrete Sheet Pile (CSP) sudah selesai dan sekarang tinggal melanjutkan tiang-tiang angker yang berada di belakang. Sekaligus juga penataan paving block dan penataan taman yang terletak di belakang dari pembangunan tersebut. Untuk progres fisik saat ini diperkirakan sudah mendekati 90 %.

Diharapkan, pekerjaan itu bisa selesai di Bulan Februari 2024, dengan begitu fungsi dari pembangunan revetment ini secepatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar teluk Manado.

“Fungsi bangunan ini adalah untuk melindungi permukiman terutama prasarana umum yang ada di teluk Manado termasuk pelaku pasar dan pertokoan. Sehingga diharapkan dengan adanya pembangunan revetment bisa meminimalisir apabila terjadi gelombang pasang yang besar,” pungkasnya.

Selain keseriusan pihak kontraktor dan BWS Sulawesi I yang sudah mengarahkan kontraktor bekerja sesuai dengan aturan, demikian diharapkan pula cuaca bisa mulai mereda sehingga memperlancar pelaksanaan pekerjaan pembangunan tersebut.

“Memang diakui beberapa bulan terakhir pekerjaan itu terhambat karena cuaca ekstrem di Kota Manado mengakibatkan pelaksanaan pekerjaan tertunda beberapa hari,” ungkapnya.

(Egen)

Pos terkait