Unsrat Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang 2 Jalur Mandiri

MANADO, sulutexpres.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program Sarjana Strata (S1) melalui jalur seleksi Mandiri Tumou Tou (T2) gelombang kedua (II). Pengumuman penerimaan ini dapat diakses melalui laman resmi universitas: https://www.unsrat.ac.id.

Pada awalnya, Unsrat telah melaksanakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Unsrat untuk Tahun 2023 melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri Tumou Tou (T2) dengan beberapa program studi. Meskipun kuota seleksi tersebut sudah tersedia, namun ternyata masih belum terpenuhi. Oleh karena itu, Unsrat memutuskan untuk membuka kesempatan baru bagi calon mahasiswa baru.

“Tetapi belum terpenuhi sehingga Universitas Sam Ratulangi kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa baru,” ungkap Rektor Unsrat Prof Dr Ir Berty Sompie, MEng, Senin (31/7/2023)

Menurut Prof. Grevo, keputusan ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Peraturan Sarjana pada PTN. Ketika total daya tampung program studi belum mencapai 50%, perpanjangan seleksi mandiri dapat dilakukan.

“Universitas Sam Ratulangi membuka kembali seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri gelombang II untuk program studi dengan daya tampung belum mencapai 50%,” jelas Prof. Grevo. Kuota yang dibuka sebanyak 731, terdistribusi di beberapa fakultas.

Berikut adalah persyaratan pendaftaran dan tata cara pendaftaran:

Persyaratan Pendaftaran:

• Lulusan SMA/SMK/MA/MAK Sederajat lainnya Tahun 2021, 2022, dan 2023, serta lulusan Paket C Tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan maksimal umur 25 Tahun yang dibuktikan dengan Ijazah.
• Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- melalui Bank BTN atau BNI.

Tata Cara Pendaftaran:

• Mengisi data awal secara online melalui laman https://regmaba.unsrat.ac.id/daftar dan memilih jalur masuk “Mandiri–Tumou Tou” untuk mendapatkan nomor billing dan pin.

• Membayar uang pendaftaran di Bank BTN atau BNI dengan menggunakan nomor billing.

• Melengkapi biodata melalui laman https://regmaba.unsrat.ac.id dengan login menggunakan Nomor Billing sebagai username dan pin sebagai password.

• Pencetakan Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk.

Seleksi jalur Mandiri Tumou Tou (T2) Gelombang II akan dilakukan berdasarkan seleksi portofolio berdasarkan nilai rapor. Berikut adalah jadwal seleksi:

• Pendaftaran: 28 Juli – 2 Agustus 2023

• Pencetakan kartu peserta: 28 Juli – 3 Agustus 2023

• Seleksi portofolio berdasarkan nilai rapor: 4 Agustus 2023

• Pengumuman hasil seleksi: 7 Agustus 2023

• Verifikasi berkas dan Validasi oleh Biro Akademik: 8 Agustus – 9 Agustus 2023

• Pembayaran UKT: 8 Agustus – 11 Agustus 2023

Unsrat mengingatkan calon mahasiswa baru untuk memastikan data yang diisi benar dan tetap memantau informasi terbaru melalui laman resmi universitas.

(Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *