PDI – P Sulut Mantapkan Pembekalan Saksi Di Atas Kapal KM Dorolonda

SULUT, sulutexpres.com – Dalam perjalanan laut menggunakan KM Dorolonda dari Pelabuhan Bitung hingga Pelabuhan Anging Mamiri Makassar (Sulawesi Selatan), para kader di tingkat ranting dan PAC PDI Perjuangan se-Sulut dibekali dengan berbagai materi, baik bagaimana kerja keras para saksi di tingkat TPS, maupun mengawal suara, teliti dan berani melakukan protes terhadap ketidakbenaran di lapangan sebagai bagian dari strategi pemenangan PDI Perjuangan Sulut.
Para utusan Ranting dan PAC di 15 Kabupaten/Kota mengikuti pembekalan secara seksama bertempat di ruang resto/cafe KM Dorolonda sejak keberangkatan pada Senin (19/06/2023) hingga KM Dorolonda bersandar untuk transit di Pelabuhan Anging Mamiri Makassar, Rabu (21/06/2023).

Pada pembekalan bagi para saksi partai, pemateri yang berasal dari pengurus DPD PDI Perjuangan Sulut membagikan strategi pada saat hari H, bahkan sebelum dan sesudahnya.

Salah satu yang harus diperhatikan secara seksama oleh para saksi adalah memastikan bahwa pemilih terdaftar di TPS, para saksi di TPS harus mengamankan suara saat pembacaan, situasi di lapangan (TPS), memastikan bahwa tidak ada upaya aksi tidak benar dari pihak-pihak tertentu.

Demikian juga bahwa koordinator saksi bertugas memastikan para saksi benar-benar berada dan bertugas di TPS, surat mandat bagi pencoblos harus diperhatikan, dan mengumpulkan dokumen suara usai perhitungan kertas suara di TPS.

Selain itu, para saksi harus berani menjaga suara pemilih, menjaga jangan sampai suara hilang akibat kecurangan.

Melakukan juga koordinasi dengan petugas PPS, terlebih ada saksi dari partai lain belum menandatangani hasil perhitungan suara, demi mengantisipasi masalah hukum kelak.

Dari pembekalan bagi para saksi, dilakukan juga dialog antara pemateri dengan para saksi.

Untuk kegiatan pembekalan, karena tempat yang terbatas, maka dibagi setiap utusan ranting dan PAC Kabupaten/Kota.

Pembekalan dengan materi strategi pemenangan partai juga disampaikan Ketua Bappilu DPD PDI Perjuangan Sulut, Bung Drs Steven OE Kandouw.

Setidaknya, selama rute perjalanan KM Dorolonda dari Pelabuhan Anging Mamiri Makassar menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Rabu 21 Juni hingga Jumat 23 Juni 2023, berbagai pembekalan dan strategi pemenangan partai akan disampaikan kepada para kader partai tingkat ranting, kecamatan dan Kabupaten/Kota.

(Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *