Rektor Unsrat, Hadir Dalam Pembicara Paripurna DPRD Kab Minahasa Tenggara

MANADO, sulutexpres.com-Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng. IPU, hadir sebagai pembicara utama dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Selasa (23/5/2023).

Acara tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-16 Kabupaten Minahasa Tenggara pada tahun ini.

Dalam orasinya yang bertema “Perspektif Ilmiah: Leadership Dalam Peran Budaya,” Rektor Sompie mengungkapkan pandangannya tentang pentingnya kepemimpinan dalam konteks budaya. Menurutnya, kesuksesan suatu lembaga pemerintahan tidak hanya dapat diukur dari hasil akhir yang dihasilkannya, tetapi juga melalui proses identifikasi kebutuhan masyarakat.

“Penyelenggaraan pemerintahan harus mampu menjawab setiap kebutuhan masyarakat yang akhirnya menciptakan outcome. Jadi tindakan pemerintah dapat dinikmati oleh masyarakat Minahasa Tenggara sendiri,” ungkap Rektor Sompie.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa kepemimpinan dalam perspektif ilmiah melibatkan kemampuan individu untuk mempengaruhi, mengarahkan, dan memotivasi kelompok orang dalam mencapai tujuan bersama. Ia juga menekankan pentingnya memahami dan menerapkan kepemimpinan yang berhasil dalam konteks budaya.

Menurutnya, pemahaman akan budaya merupakan faktor kunci dalam mencapai dan menerapkan kepemimpinan yang sukses. Konteks budaya menjadi landasan yang penting dalam memahami dan menghargai perbedaan serta membangun kerjasama yang erat.

Kehadiran Rektor Unsrat dan orasinya yang menggugah tersebut diharapkan memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para pemangku kebijakan Kabupaten Minahasa Tenggara dalam mengembangkan kepemimpinan yang berlandaskan budaya.

(Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *