4 Siswa SMAN 3 Manado Diterima di Fakultas Kedokteran Unsrat dan Universitas Udayana

MANADO, Sulutexpres.com – Tiga siswa SMAN 3 Manado diterima masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBP. Satu siswa lainnya masuk Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali.

Pada Rabu (29/3/2023), Unsrat secara resmi mengumumkan 1.047 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam SNBP. Ada sejumlah calon mahasiswa yang berasal dari SMAN 3 Manado, 3 di antaranya diterima di Fakultas Kedokteran.

“Ada sejumlah siswa dari SMAN 3 Manado yang lolos seleksi dan diterima di Unsrat, termasuk 3 orang yang masuk ke Fakultas Kedokteran Unsrat. Satunya lagi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar,” ungkap Plh Kepala SMAN 3 Manado Anthonius Nakuu SPd MPd, Rabu (29/3/2023).

Tiga siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran Unsrat itu adalah Siti Nur Aida Melanovana Nani (Kedokteran), Chelci A Supusepa (Kedokteran), dan Tesalonika Nopline Malinso (Dokter Gigi).

“Selain empat siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran, siswa lainnya juga diterima di fakultas lain yang mereka pilih,” ujar Nakuu.

Diberitakan sebelumnya, proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sudah masuk tahap pengumuman.

Di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ada 1.047 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui jalur prestasi ini.

“Yang diterima sebagai calon mahasiswa baru Unsrat tahun 2023 melalui jalur SNBP sebanyak 1.047 orang,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc, Selasa (28/3/2023) malam.

Unsrat telah membuka SNPMB tahun 2023 melalui tiga jalur secara bertahap. Tiga jalur seleksi mahasiswa baru di Unsrat itu adalah SNBP, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Mandiri.

Untuk jalur SNBP sudah diumumkan hasilnya, sedangkan SNBT dan Mandiri akan menyusul.

“Ada 3 jalur dalam seleksi pemerimaan mahasiswa baru tahun ini. yaitu SNBP, Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBT, dan Mandiri,” ungkap Gerung.

Gerung menjelaskan, tahun 2023 ini ada sekitar 5.200 kursi mahasiswa baru di Unsrat dengan pembangian untuk jalur SNPB diberikan kuota minimal 20 persen, jalur SNBT 40 persen, dan jalur Mandiri maksimal 30 persen.

Untuk jalur SNBT sejak 23 Maret lalu sudah dibuka pendaftarannya. Siapa saja yang memenuhi syarat dapat mendaftar dan bersaing melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Sedangkan untuk Seleksi Mandiri, jadwal pelaksanaan akan diumumkan pada sekitar bulan Juni,” ujarnya.

(Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *