Pulisan Bay Segera Dibuka : Pemkab Promosikan DPSP Likupang dan Ada Value Balik Dari Wisatawan, DPMPTSP Minut Optimis Investasi Pariwisata Meningkat di Tahun 2023

MINUT, SulutExpres.com – Pulisan Bay memiliki konsep ekowisata bernuansa natural alami didalamnya ada bungalow-bungalow, hotel dan villa. Dalam waktu dekat ini akan segera dibuka dan targetnya adalah wisatawan mancanegara, wisatawan nasional, dan wisatawan lokal.

Keberhasilan ekonomi daerah karena kerja keras Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E.,MAP., M.M, M.Si dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, S.H., M.H (JG-KWL), terutama dalam mencari investor dan mempromosikan daerah.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Minahasa Utara, Jack Y.R. Paruntu SE. saat dikonfirmasi media ini, di kantornya Kamis (9/3/2023).

“Jadi bagaimana sekarang kita mempromosikan Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang yang memang sudah mulai action. Menjual destinasi wisata ini agar supaya turis itu bisa datang, ada value balik yang bisa diterima oleh wisatawan dan ada kepuasan dari wisatawan, sehingga dia merasa nyaman dan pasti balik lagi, bahkan dia bisa promosikan itu ke teman lainnya,” jelasnya sembari menambahkan bahwa ini memungkinkan karena sudah banyak penerbangan luar yang sudah digagas Gubernur Sulawesi Utara.

Dia menambahkan, itu pun dikaitkan dengan Program Gubernur Olly Dondokambey dan Bupati Joune Ganda yang intens bekerja keras mempromosikan DPSP Likupang dengan membuka penerbangan baru ke Jepang, sehingga membuka peluang luar biasa ke Kabupaten Minahasa Utara.

“Apalagi itu merupakan DPSP Likupang yang harus dikembangkan, karena mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Bahkan dari berbagai Kementerian itu datang keroyokan, mempercepat, membangun infrastruktur. Sementara kalau dari Badan Usaha Minahasa Permai Resort Development (MPRD) sudah ada tenan-tenan disitu dan adapula yang sementara proses pembangunan,” bebernya.

“Disaat daerah siap, swastanya siap, pengembangnya siap, pemerintah memberikan fasilitas, maka wisatawannya itu akan datang. Sehingga pertumbuhan ekonomi bergerak, investasi masuk, dan ekonomi berjalan, disitu ada lapangan kerja, ada multiplier effect, dan itu harus kita kembangkan melakukan sinergitas dengan Pemerintah Provinsi,” tambahnya.

Selain itu, dia menerangkan, ada dasar-dasar hitungan indeks pembangunan manusia (IPM) rata-rata sudah bagus. Dimana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Minahasa Utara sudah diatas pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara dan pertumbuhan ekonomi Nasional.

“Ada dasar-dasar secara kuantitatif dengan angka yang dapat terukur, sehingga dasar Tahun 2023 ini bergerak, terlebih fokus di Pariwisata. Karena memang ini difokuskan dan jadi perhatian oleh pemerintah pusat. Apalagi untuk sektor Hotel dan Restoran, Tahun 2021 itu Rp1.358,06 Miliar di Tahun 2022 itu naik menjadi Rp473.036,00 Miliar,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, di Tahun 2023 DPM-PTSP Minut optimis investasi sektor pariwisata bergerak cepat, dan optimis akan lebih meningkat dari Tahun 2022.

“Karena melihat perkembangan kawasan ekonomi khusus ini, termasuk juga ada Hotel Marriot Paputungan Kecamatan Likupang Barat yang juga dalam waktu dekat akan opening, juga ada lagi yang di kepulauan yang sudah terbangun, sehingga Tahun 2023 ini kita optimis investasi sektor pariwisata akan lebih meningkat,” pungkasnya.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *