Buka Pengenalan Coding TA, Bupati JG : Peningkatan Kualitas Guru dan Pembelajaran Menyenangkan Bagi Siswa

MINUT, SulutExpres.com – Acara pengenalan Coding bagi Guru dan Tenaga pengajar Thematik Academy (TA), resmi dibuka Bupati Joune J.E. Ganda, S.E.,M.A.P., di salah satu Hotel Minut, Selasa (06/09/2022).

Bupati menyampaikan, program Thematik Academy ini merupakan program untuk peningkatan kapasitas guru di bidang pengenalan coding untuk tenaga pendidik Sekolah Dasar (SD).

“Memasuki era digital, era Revolusi Industri Four Point Zero (4.0) yang di kenal dengan Cyber Physical System khususnya di dunia pendidikan, guru dalam dunia digital harus serba maju. Dalam keadaan ini keberadaan guru menjadi amat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” terangnya.

Ditambahkannya, Coding sendiri merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan, sebernarnya coding atau bahasa programer merupakan cara untuk mengelola perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, ataupun gadget untuk melakukan sesuatu.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melakukan kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Manado, untuk melakukan pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD se-Kabupaten Minahasa Utara,” pungkasnya.

Disebutkan Bupati, coding bagi guru SD untuk coding menggunakan blog, coding menggunakan teks, dan coding dalam kelas.

“Tujuannya adalah membuat pembelajaran menyenangkan bagi siswa. Tujuan lain adalah untuk meningkatkan transformasi digital bagi guru SD,” jelasnya.

“Diharapkan, kegiatan berdampak positif pada kemajuan dunia pendidikan khususnya tenaga pengajar di Kabupaten Minahasa Utara,” lanjutnya.

Sementara, Marthen L. Rondonuwu mewakili Kepala BPSDMP Kominfo Manado, mengatakan, program ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas para tenaga pengajar Sekolah Dasar di bidang digital.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan talenta digital Indonesia baik dari pemerintah maupun mitra kerja pemerintah. Ini merupakan program multisektoral bagi pengembangan sumber daya manusia yang ditunjukkan peserta pelatihan pendidikan,” katanya seraya menambahkan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai hari ini tanggal 6-8 September 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Minahasa Utara, Drs.Theodore Lumingkewas, MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Olfy Kalengkongan, S.Pd, M.Pd.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *