Pengendalian Inflasi, Pemkab Minut Akan Awasi Pasar dan Ingatkan Pedagang Jangan Ada Permainan

MINUT, SulutExpres.com – Gejolak kenaikkan minyak dunia merupakan faktor penyebab kenaikkan BBM dan gas LPG. Untuk itu harus disikapi dengan pengendalian terhadap Inflasi di Kabupaten Minahasa Utara.

Demikian diutarakan Bupati Minahasa Utara, Joune J.E.Ganda, S.E., M.A.P., dalam Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Minahasa Utara. di JGC (31/08/2022) .

Sebagaimana diketahui rapat ini tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakornas inflasi tahun 2022 , di Istana Negara, Jakarta, kamis (18/08/2022) serta rapat tindak lanjut arahan Presiden dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2022, melalui virtual Zoom Meeting, pada Selasa (30/08/2022 yang diselanggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara gerak cepat melaksanakan rapat koordinasi bersama Perangkat Daerah dan Tim Pengedaliam Inflasi Daerah (TPID).

“Adanya gejolak kenaikkan harga BBM dan LPG ini berpengaruh besar terhadap kenaikan harga bahan pokok kebutuhan masyarakat serta membebani daya beli masyarakat,” ujar Bupati Joune Ganda.

Dia melanjutkan, sehingga dikuatirkan adanya peningkatan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang buruk, kenaikan cabe/rica, bawang dan telur ayam, merupakan kontribusi terbesar terjadinya inflasi.

“Oleh sebab itu pemerintah akan melaksanakan pengawasan di pasar-pasar, terlebih para pedagang yang ada di Minut jangan sampai ada permainan stok barang dan kenaikan harga,” tukasnya.

Dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok ini, Bupati mengajak seluruh Perangkat Daerah, Camat, Hukum Tua/lurah dengan melibatkan PKK, karang taruna dan masyarakat untuk menanam cabe dan bawang baik di Desa/Kecamatan.

“Setiap OPD harus memiliki kebun tanam masing-masing, juga diharapkan seluruh elemen masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing,” pintanya.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *