DP3A Provinsi Gelar Kreasi HAN  2022, dr Devi Ajak Semua Elemen Lindungi Anak Indonesia

SULUT, sulutexpres.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  ( DP3A ) Provinsi Sulut, dr Kartika Devi Kandouw Tanos mengelar Hari Anak Nasional ( HAN ) 2022 di rumah alam, Sabtu (06/08/22).

Dengan Tema HAN 2022, Anak Terlindungi, Indonesia Maju itu, dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan yang diberikan kepada Disdukcapil terkait hak sipil dan kebebasan anak melalui penyerahan akte kelahiran, KIA dan KIA mobile, penghargaan lingkungan pengasuhan alternatif, penghargaan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

dr Devi Tanos mengatakan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak.

“Yakni hak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Penghargaan juga diberikan kepada Dinas Kesehatan terkait kesehatan dasar dan kesejahteraan anak melalui Puskesmas
ramah anak dan cakupan imunisasi.

Selanjutnya, penghargaan kepada Polres terkait perlindungan khusus (penghargaan atas dedikasi dan keberhasilan dalam menyelenggarakan perlindungan terhadap perempuan dan anak yang responsif. Diikuti penghargaan Balai Bahasa (penghargaan literasi cerita anak 3 terbaik) dan penghargaan fasilitator nasional.

Melalui momentum HAN, Kandouw yang menghadiri, mengajak semua stakeholder untuk support anak-anak dengan memberikan rasa percaya diri, rasa aman dan hilangkan rasa takut untuk meraih masa depan mereka.

Dalam kegiatan tersebut di atas usai sambutan Wagub Kandouw memberikan pertanyaan tentang siapa nama Gubernur Sulut yang dengan mudah dijawab oleh anak-anak.

Namun ketika ditanya siapa istri Gubernur Sulut, seorang anak menjawab dengan lantang Kartika Devi Tanos. Spontan Kandouw dan undangan yang hadir meresponnya dengan tawa.

“Ngana so ganti kita pe maitua dang (kamu sudah ganti dengan istri saya yah-red),” canda Kandouw dengan nada tawa.

Turut hadir Kapolres Kotamobagu, Tomohon dan Manado serta pejabat di lingkungan Pemprov Sulut dan forum anak.

(Roso)

Pos terkait