Job Fair 2022 Peluang Masyarakat Lebih Mudah Bekerja

SULUT, sulutexpres.com – Sulut dibawa kepemimpinan Olly – Steven  terus berupaya memberikan jaminan kepada masyarakat terlebih bagi para pencari kerja dan mengerikan peluang kepada masyarakat yang masih menganggur untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut telah bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja menghadirkan pameran Bursa Kerja (Job Fair) 2022 yang untuk pertama kalinya dilakukan secara virtual dan dibuka secara langsung oleh Asisten 3 Pemprov Sulut Asiano Gammy Kawatu di salah satu hotel ternama di Kota Manado, Rabu 3/8/2022.

Pada arahanya, Kawatu mengatakan jika pelaksanaan Job Fair selama 3 hari, akan sangat bermanfaat dalam menekan jumlah pengangguran yang ada di Provinsi Sulut.
Menurut Kawatu, dengan adanya pandemi Covid selama 2 tahun terakhir sangat berpengaruh pada jumlah tenaga kerja yang ingin bekerja, namun terbatas dengan penerimaan dari pihak perusahaan.

“Sampai saat ini kita belum boleh katakan pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19. Sebab, Covid sudah memberi dampak yang besar bagi pengangguran dan kita harus menguranginya lewat kegiatan seperti Job Fair ini,” ungkap Kawatu.

Dijelaskannya lagi, sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut pada bulan Februari 2022, menunjukkan jumlah angkatan kerja di Sulut tahun 2021 sebanyak 1.269.673 orang dan penduduk yanh bekerja sebanyak 1.187.077 orang sehingga jumlah pengangguran terbuka sebanyak 82.569 orang atau 6,5%.

Jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja pada bulan Februari 2021 sebanyak 1.229.040 orang, dimana pengangguran terbuka sebanyak 89.468 orang atau 7,28%, terjadi penurunan pengangguran terbuka sebanyak 6.899 orang atau 0.77%.

“Meskipun demikian, Pemprov Sulut bersama seluruh stakeholders terkait akan terus berupaya melaksanakan pembangunan ketenagakerjaan, baik formal maupun informal untuk mengurangi angka pengangguran di Sulut,” tandasnya sembari berharap dengan adanya kegiatan ini, kiranya bisa dirasakan manfaatnya oleh para pencari kerja di Sulut.

Dalam Job Fair Virtual 2022 ini, diikuti oleh beberapa perusahaan dimana diantaranya dari Kota Manado 24 perusahaan, Kabupaten Minut 2 perusahaan dan bahkan dari luar daerah seperti Jawa melibatkan 2 perusahaan serta Sumatera 1 perusahaan.

Sementara data pencari kerja lewat virtual yang masuk ke link naker hingga pukul 09.00 Wita, sudah mencapai 1.075 orang. Jumlah tersebut masih akan bertambah seiring dengan waktu pelaksaan sampai Jumat 5 Agustus mendatang.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut Cindy Wurangian MBA, Kepala Pusat Pasar Kerja Sekretariat Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan yang diwakili oleh Pandu Isdiyanto ST MM, Kepala Disnakertrans Sulut Ir Erni Tumundo Msi serta sejumlah Kepala Disnaker Kabupaten/kota di Sulut

( Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.