Buka VSGA SKKNI, Bupati JG Ingatkan Empat Poin Penting

MINUT, SulutExpres.com – Keahlian digital di abad 21 ini sangat di butuhkan di Indonesia. Dalam konteks itu, Bupati Minahasa Utara Joune J. E. Ganda ,S.E., M.A.P mengingatkan ada empat hal yang perlu diperhatikan.

“Berpikir kritis (critical thinking), Kreativitas (creativity), Kolaborasi (collaboration) dan Komunikasi (communication), dalam menjawab peningkatan mutu dibidang teknologi dan informasi,” bebernya.

Hal ini disampaikan Bupati saat membuka kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) – Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Senin (1/8/2022), di salah satu Hotel Minut.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP-Kominfo) Manado sebagai Badan Litbang SDM Kemenkominfo RI.

Acara ini berlangsung pada tanggal 1 -5 agustus 2022, dengan peserta berjumlah 100 orang alumni SMK di Kabupaten Minahasa Utara dan sekitarnya.

Bupati menyebut bahwa kegiatan ini untuk menghadapi era industri four point zero atau cyber physical sistem (CPS) yang merupakan kolaborasi teknologi siber dan teknologi otomatisasi.

“Diharapkan, lulusan SMK di Minahasa Utara bisa memiliki kompetensi dan kemampuan, untuk menjadi tenaga expert di era industri komunikasi dan dalam dunia kerja era industri komunikasi dan informasi saat ini,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, hasil dari kegiatan ini kedepan akan menjadi tiket untuk bisa masuk di berbagai instansi.

“Adik adik yang memiliki sertifikat akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa masuk pada instansi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, sehingga kegiatan ini sangat tepat diperuntukkan bagi lulusan SMK yang notabene merupakan sekolah kejuruan,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasub SDM Balai Pengembangan SDM dan penelitian komuniksi dan informatika Marthen Rondonuwu, S.Sos, Kadis Kominfo Minut Theodorus Lumingkewas, Kepala Bidang Pendidikan Deby Mamangkey.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.