Wakili Bupati, Pj Sekda Dondokambey Buka Rakor Forum SDI

MINUT, SulutExpres.com – Wakili Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Pj. Sekretaris Daerah Rivino Dondokambey membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Satu Data Indonesia (SDI).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian Kabupaten Minut, di Aula Bapelitbang, Kamis (21/07/2022).

Pj. Sekda dalam sambutannya mengatakan, Satu Data Indonesia (SDI) ini merupakan kebijakan tata kelola data dari pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat.

“Data yang dimaksud disini adalah data yang memiliki beberapa prinsip yaitu memenuhi standart data, memiliki meta data, memiliki kaidah interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi atau data induk,” katanya.

“Dengan adanya Forum SDI, maka diharapkan Kabupaten Minahasa Utara saat ini akan menghasilkan satu sinergitas, satu koordinasi baik pembina daerah, wali data maupun produsen data dalam menyukseskan Satu Data Indonesia Kabupaten Minahasa Utara,” tambahnya.

Sekadar informasi, Perangkat Daerah masuk pada posisi produsen data dan bertindak sebagai informasi-informasi awal data-data resmi yang akan di rilis dalam portal nanti.

Tetapi untuk saat ini masih dalam posisi pengenalan, dan nanti pada Bulan Agustus sudah masuk pada bimbingan teknis tentang penginputan atau update data yang akan dipandu atau dibimbing oleh pihak BPS kepada OPD-OPD.

Turut menjadi Narasumber dalam Forum SDI ini Kepala Bappelitbang, Kepala BPS Kabupaten Minut, Kasubag Pembinaan Kejari Minut, Kadis Kominfo, Kadis Pertanian dan Kepala KPPN Bitung.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *