Jemput Bola di Desa-Desa, DPMPTSP Minut Bantu UMKM Home Industri Buat NIB

MINUT, SulutExpres.com – Salah satu visi misi (vismis) Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung (JGKWL), membantu para usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk terus berjalan.

Bupati Joune Ganda ingin pelayanan dilaksanakan terpisah, sehingga bisa terjangkau semua hingga di pelosok-pelosok.

Mendukung itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Minahasa Utara telah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan pemerintah desa, untuk perizinan UMKM yang ada di desa.

“Target kita yang punya usaha homestay itu memiliki izin NIB, sehingga legalitasnya ada,” jelas Kepala DPMPTSP Jack Paruntu,¬†sembari menambahkan namun tidak menutup kemungkinan untuk jenis usaha lainnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sekarang lagi fokus di wilayah penunjang kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata DPSP Likupang.

“Jadi kita sudah laksanakan itu di desa Marinsouw dan selanjutnya akan dilakukan di desa Palaes dengan daya tampung 50 peserta. Target kita 5 desa, nanti juga akan bertambah namun bertahap,” bebernya kepada media ini, Rabu (29/6/2022), dikantornya.

Dia menerangkan, pihaknya membantu semua pelaku UMKM home industri untuk dibuat NIB lewat OSS.

“Program DPMPTSP itu jemput bola, kita turun langsung, bahkan setiap homestay mereka ingin tempel NIBnya, dengan begitu menunjukan legalitasnya,” katanya.

“Kita bantu agar UMKM ini berjalan dari sisi investasi, kita dorong mereka berkembang untuk punya izin legalitasnya, sesuai visi misi pak Bupati dan pak Wakil Bupati,” lanjutnya.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *