Pemkab Minut Galakan dan Promosikan Investasi Pariwisata DPSP Likupang

MINUT, SulutExpres.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune JE Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH (JG-KWL), menggenjot pengembangan investasi pariwisata Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang.

Dalam hal itu, Bupati Joune Ganda telah menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus menggalakan dan mempromosikan agar investor bisa datang berinvestasi.

“Investasi di Bidang Pariwisata berkaitan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang sementara digalakan. Untuk pengembangan DPSP Likupang kita berharap bukan cuma sekadar fokus di KEK, tapi akan ada perluasan seperti Likupang Raya, Pulau Bangka, Gangga, Lihaga, dan tarik sampai ke Wori,” kata Kepala DPM-PTSP Kabupaten Minahasa Utara, Jack YR Paruntu, saat dikonfirmasi media ini di kantornya, belum lama.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Minahasa Utara Jack YR Paruntu

Dalam konteks itu, Paruntu meihat ada potensi besar investasi sekaligus menunjang KEK, maka dengan begitu ada investor disitu.

“Di pulau Bangka ada Bastianos dan juga begitu banyak cottage, pun Pembangunan Marriott Hotel Likupang Eco Family Resort di Desa Paputungan Likupang Barat PT Bhineka Manca Wisata (BMW). Sehingga investasinya besar,” katanya.

“Apalagi Desa Budo Wori memiliki destinasi yang bagus untuk dijual potensi alamnya karena sudah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Desa Wisata,” sambungnya seraya menguraikan akan banyak kunjungan dari Kemenko Marves dan Kemenparekraf untuk melihat DPSP.

Dijelaskannya, potensi penanaman modal di Minahasa Utara bagus sekali, investasinya luar biasa, wisatanya bagus, pengembangan industrinya bagus.

“Karena diapit oleh dua kota pelabuhan dan jasa, memang untuk sekarang kita fokus promosikan KEK tapi tidak juga mengabaikan wilayah yang lain,” pungkasnya.

“Apalagi pandemi covid mulai melandai dan sudah beradaptasi menuju endemi dan mudah-mudahan cepat berlalu,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara Audy F Sambul membeberkan pihaknya memperkenalkan DPSP Likupang untuk menarik investor.

“Kita lakukan beberapa iven bulanan. Belum lama ini kita sudah laksanakan Likupang Music Festival, selanjutnya di Bulan Juli ini ada Likupang Tourism Festival. Selain itu juga masih banyak kegiatan-kegiatan yang akan kita lakukan di Likupang, nanti menyesuaikan dengan dana yang ada,” ucap Sambul saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/5/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara Audy F Sambul

Dengan begitu, dia berharap, para investor tertarik sehingga bisa menanamkan investasi di DPSP Likupang.

“Tentu dengan cara kita mempromosikan atau memperkenalkan Likupang ke dunia luar,” sebutnya.

Bahkan lanjut dia, dengan masuknya Desa Budo Kecamatan Wori di 50 besar desa wisata maka akan lebih banyak dikenal orang.

“Diharapkan juga menarik investor menanamkan modal disini, apalagi Kemenko Marves sedang memperkenalkan pulau bangka kepada para investor karena banyak potensi disana,” tutupnya.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.