Grand Opening, Gubernur Olly Dondokambey Resmikan RSUD ODSK

SULUT, sulutexpres.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondodokambey meresmikan Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) ODSK, Sabtu (23/4).

Grand Opening rumah sakit dengan bangunan megah ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan penekanan tombol sirine gubernur didampingi Ketua DPRD Sulut dr Andi Silangen, Kepala Dinkes Sulut dr Debie Kalalo dan Dirut RSUD ODSK dr Enrico Rawung.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menyebut pembangunan RSUD sebagai wujud komitmen pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dalam hal ini memberikan pelayanan kesehatan.

“Persyaratan adminsitrasi sudah beres kerja sama dengan BPJS tuntas, hari ini diresmikan. Kita bersyukur peresmian ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Gubernur Olly.

Gubernur pun mengajak seluruh dokter-dokter yang ada di Sulawesi Utara untuk bersama-sama mengembangkan RSUD ODSK.

“Mari sama-sama kita kembangkan rumah sakit ini. Bukan mau bersaing dengan rumah sakit yang lain tapi kita melengkapi apa yang menjadi tugas tanggung jawab pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.
Karena, menurut gubernur, pelayanan dasar ialah fungsi kesehatan. Sehingga harus ditingkatkan masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah.

“Kiranya pelayanan rumah sakit umum daerah dapat terus kita tingkatkan dan kualitas dapat kita jaga. Begitu juga eksistensi rumah sakit yang merupakan presentasi pengembangan sumber daya kesehatan masyarakat dan memiliki fungsi yang sentral dalam konteks pembangunan berkelanjutan,” bebernya.
Lanjutnya, RSUD akan tingkatkan dengan dibangun khusus pelayanan ibu dan anak. Sehingga bisa langsung dimanfaatkan untuk stanting.

“Melayani dari ibu hamil sampai dengan pada saat anak itu tumbuh. Makanya kita akan bangun unit khusus, mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terealisasi. Sehingga tahun depan sudah bisa dimanfaatkan lagi, hingga pelayanan-pelayanan buat generasi-generasi mendatang kita,” sebut Gubernur.
Lebih lanjut, menciptakan sumber daya manusia yang betul-betul mempunyai potensi, mulai dari kandungan dengan memberikan asuhan gizi dan vitamin yang tepat.

“Sehingga pada saat anak-anak lahir, sudah tidak ada lagi cerita stunting di Provinsi Sulawesi Utara. Ini bukan hanya pusat pelayanan ibu hamil, tapi juga pusat edukasi buat seluruh masyarakat,” tandasnya.
Diketahui, pembangunan RSUD ODSK berlangsung selama 2 tahun. RSUD memiliki luas total rp38.000 2 m2 dengan pelaksanaan pembangunan dilakukan secara bertahap.

Penandatanganan kerjasama BPJS telah dilaksanakan pada tahun 2021 dan dilanjutkan dengan pelayanan IGD dan rawat jalan. Pada tanggal 1 April 2022 telah dibuka pelayanan pasien BPJS dan non BPJS untuk rawat inap.
RSUD ODSK yang berklasifikasi tipe B ini telah melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang lengkap serta telah dilaunching di digitalisasi RSUD pada tanggal 20 April 2022.

Dirut RSUD ODSK dr Enrico Rawung menuturkan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Sulawesi Utara.
“Jadi, kita melakukan kegiatan sesuai standar dan sesuai Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, dan itu sudah diatur. Pokoknya, sesuai arahan pimpinan yakni pak Gubernur Olly dan pak Wagub Steven, kita memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tupoksi yang ada,” bebernya.
Lanjut Enrico, kedepan pihak rumah sakit akan memenuhi semua perlengkapan kesehatan untuk melayani masyarakat Sulut yang datang di RSUD ODSK.
“Intinya kami siap memberikan pelayananan yang terbaik kepada masyarakat. Memang skalanya masih satu lantai dan memiliki 50 tempat tidur. Tapi saya optimis kedepan rumah sakit umum daerah ini akan ada ketambahan tempat tidur,” pungkasnya.

Hadir dalam Grand Opening RSUD ODSK, Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Bupati Minsel Franky Wongkar, para serta para pejabat Pemprov Sulut.

( Roso )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.