Dondokambey Wakili Bupati JG Buka GKPD PJAS dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas

MINUT, SulutExpres.com – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda (JG) diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rivino Dondokambey membuka kegiatan Advokasi Program Nasional Terpadu Desa Pangan Aman (GKPD), Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS), dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Kabupaten Minahasa Utara oleh Balai Besar POM Manado, di salah satu hotel Minut, Selasa (05/04/2022).

Dondokambey menyampaikan bahwa peran pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mewujudkan kemandirian desa dalam mengiplementasikan keamanan pangan di Desa, Sekolah dan pasar sebagai upaya untuk mencegah kejadian luar biasa keracunan pangan serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Minahasa Utara.

“Program nasional ini mempunyai tujuan, yaitu:
– Mewujudkan Kemandirian desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan,
– Memperkuat ekonomi desa,
– Memperkuat kapasitas yang ada di Desa,
– Memberi perlindungan bagi siswa serta masyarakat,
– Untuk menekan peredaran makanan yang tidak memenuhi persyaratan baik yang mengandung bahan berbahaya maupun ilegal,” urainya.

Diharapkannya, melalui kegiatan ini, Pemerintah Daerah dan Perangkat Desa, Sekolah dan Pasar memiliki komitmen yang sama terhadap pentingnya keamanan pangan dalam rangka melindungi masyarakat desa, siswa dan masyarakat dari konsumsi pangan yang berisiko terhadap kesehatan.

“Pemerintah Kabupaten serta masyarakat Minahasa Utara menyampaikan apresiasi, salut dan bangga kepada Balai Besar POM di Manado yang telah menggelar kegiatan advokasi ini. Semoga program ini akan tetap lestari dan menambah kebersamaan dan sinergitas Pemerintah Kabupaten Minut dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Manado,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Pimpinan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Manado, Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara, TP-PKK Minahasa Utara, Direktur Utama PUD Klabat, Para Camat se-Kabupaten Minahasa Utara, Hukum Tua dan Lurah Minahasa Utara, serta undangan.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *