Presiden Jokowi Kumpulkan Para Gubernur, Satukan Tanah dan Air Nusantara di IKN

Sepaku SULUT,sulutexpres.com – Presiden RI Joko Widodo mengumpulkan seluruh Gubernur dalam prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Dalam kegiatan tersebut, 28 Gubernur yang hadir berkesempatan untuk menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari daerahnya masing-masing kepada Presiden Jokowi, termasuk Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Gubernur Olly Dondokambey membawa tanah dan air yang diambil dari sumber mata air Malimbukan, Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. Tanah dan air tersebut kemudian dimasukkan oleh Presiden Jokowi ke dalam wadah yang disebut Kendi Nusantara, bersatu dengan tanah dan air dari provinsi lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Nusantara ini sebagai bentuk persatuan yang kuat dari seluruh dari se-Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara yang baru.

“Tadi baru saja kita laksanakan prosesi penyatuan tanah dan air di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara yang dibawa oleh para Gubernur. Untuk itu Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Gubernur,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengungkapkan, prosesi tersebut menandakan pekerjaan besar yang segera dimulai yakni pembangunan IKN. Ia lalu memberi apresiasi terhadap kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, TNI-Polri dan komponen masyarakat dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

“Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka mewujudkan cita-cita besar yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Presiden kemudian berharap agar proses pembangunan IKN dapat dimudahkan dan dilancarkan.

“Mudah-mudahan, kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kemudahan dan kelancaran dala kita membangun IKN ini,” tandasnya.

Usai prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan penanaman pohon area Titik Nol IKN bersama dengan seluruh Gubernur yang hadir.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua MPR RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri BUMN, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekretaris Kabinet, Kepala Otorita IKN, Wakil Kepala Otorita IKN dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI.

(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.