Pimpin Rakor Program Integrasi Data, Sekdaprov Kawatu : Wujud Implementasi Pelaksanaan SPBE Pemprov Sulut

Manado SULUT,sulutexpres.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Integrasi Data Pada Jajaran Pemprov Sulut di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (4/3/2022).

Dipimpin Sekdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu, kegiatan digelar sebagai bentuk evaluasi terkait pelaksanaan program integrasi data seluruh Perangkat Daerah (PD) maupun Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) di lingkungan Pemprov Sulut yang dikelola oleh Diskominfo Sulut.

Dalam arahannya, Sekdaprov Kawatu menyampaikan bahwa Program Integrasi Data yang dijalankan oleh Pemprov Sulut merupakan bagian bentuk implementasi dari kebijakan pemerintah pusat terkait Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Olehnya itu Saya memberikan apresiasi kepada jajaran PD Provinsi Sulut terkait berbagai program yang telah dijalankan terkait implementasi SPBE, khususnya yang diwujudkan dalam produk kerja berbentuk aplikasi,” ujar Sekdaprov.

“Karena seperti yang diketahui, setiap PD bertugas untuk membidangi bidang kerja dan fungsi yang berbeda. Perbedaan ini tentunya mengharuskan setiap PD memiliki data, informasi ataupun produk pekerjaan yang berbeda,” tambahnya.

Meski begitu, Sekdaprov menyinggung soal pemanfaatan sejumlah aplikasi-aplikasi yang dikelola oleh masing-masing PD Pemprov Sulut yang untuk saat ini masih kurang optimal dalam hal pemanfaatannya. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh PD untuk lebih maksimal lagi dalam mengelola aplikasi yang telah diluncurkan.

“Jangan sudah dibuat (aplikasi) terus kurang dimanfaatkan. Untuk itu Saya minta kepada Diskominfo untuk melakukan evaluasi secara berkala guna melihat sejauh mana perkembangan dan pemanfaatan produk aplikasi-aplikasi ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam laporannya Kadis Kominfo Sulut Evans Steven Liow mengungkapkan bahwa meskipun masih terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaan integrasi jaringan, Diskominfo Sulut akan terus berupaya untuk menyelesaikan hal tersebut guna mempercepat Program Integrasi Data di lingkup Pemprov Sulut.

“Ini berkaitan dengan konsolidasi kebutuhan layanan di masing-masing Perangkat Daerah. Kita akan terus evaluasi untuk melihat sejauh mana pelaksanaan pengerjaannya,” jelas Kadis Liow.

Lebih lanjut, dirinya mengusulkan agar setiap PD di lingkup Pemprov Sulut untuk memiliki Command Centre maupun Media Center. Menurutnya hal ini penting dalam mendukung percepatan Program Integrasi Data oleh seluruh jajaran PD Sulut.

“Selain itu, kami melaporkan kepada Bapak Sekprov, Diskominfo Sulut pada 17 Maret nanti akan melakukan launching Cafe Digital yang lokasinya berada di depan Command Center. Ini merupakan terobosan dan inovasi baru dari kami Diskominfo Sulut,” tandasnya.

Hadir dalam Rakor tersebut para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Sulut, para Pejabat Administrator, serta para administrator/operator website dan aplikasi di masing-masing PD Sulut.

(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.