Presiden Jokowi Kunker ke Sulut Resmikan Jalan Tol Manado–Bitung

Bitung SULUT,sulutexpres.com – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara untuk melakukan sejumlah agenda kegiatan, utamanya meresmikan serta meninjau Jalan Tol Manado–Bitung yang telah selesai dikerjakan di gerbang tol bitung, jumat (25/02/2022).

Dalam kesempatan, Presiden Jokowi mengatakan bersyukur atas dirampungkannya pengerjaan Jalan Tol Manado–Bitung Ruas Danowudu. Presiden menjelaskan, selesainya pembangunan ruas tol ini menandakan bahwa seluruh Jalan Tol Manado–Bitung telah siap untuk digunakan dalam mendukung aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

“Alhamdulillah pada sore hari ini Jalan Tol Manado–Bitung Seksi Danowudu Bitung sepanjang 13,5 km telah selesai. Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado–Bitung sepanjang 39,8 km sudah siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat,” ujar Presiden.

Presiden menjelaskan, jalan tol ini akan mempermudah mobilitas masyarakat dan barang di Sulawesi Utara, termasuk mencakup pengiriman logistik dari Manado ke Bitung maupun sebaliknya, khususnya menuju Pelabuhan Internasional Bitung, serta nantinya akan diarahkan menuju ke KEK Likupang.

“Saya berharap pembangunan tol ini akan memunculkan titik-titik ekonomi baru dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Seperti yang kita tahu, di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulut ada di atas pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi atas perhatian yang telah diberikan sehingga pembangunan Jalan Tol Manado–Bitung telah diselesaikan dengan baik.

Dirinya menuturkan, keberadaan jalan tol merupakan harapan besar seluruh masyarakat Sulawesi Utara yang telah diimpikan sejak Indonesia dan baru dapat terwujud di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Peresmian tol ini adalah satu bukti bahwa Bapak Presiden dan rekan-rekan di pemerintah pusat betul-betul membangun dari Timur sampai ke Barat. Untuk itu kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden,” jelasnya.

Terkait pertumbuhan ekonomi di Sulut yang terus naik bahkan berada di atas rata-rata nasional, Gubernur mengungkapkan hal ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari Presiden Jokowi, yang pada akhirnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat manfaat didalamnya.

“Terakhir, semoga lewat peresmian Jalan Tol Manado–Bitung yang dilakukan oleh Bapak Presiden hari ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi KEK Bitung dan KEK pariwisata Likupang,” pungkasnya.

peresmian jalan tol di tandai dengan Penekanan tombol sirene dilanjutkan penandatangan prasasti dan peninjauan jalan tol.

Hadir dalam peresmian tersebut Menteri PUPR, Menteri BUMN, Menteri Sekertaris Kabinet, Ketua DPRD Provinsi Sulut, jajaran Forkopimda Provinsi Sulut, Walikota Manado, Walikota Bitung, serta para pejabat dan stakeholder terkait.

(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.