Persiapan Pelaksanaan Event W20, Pemprov Perketat Pelaku Perjalanan Terka Karantina 5 x 24 Jam

SULUT, sulutexpres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut selaku panitia lokal Event Internasional Woman20 (W20) pada Jumat (11/02/2022) tadi di salah satu Hotel ternama di Manado, melakukan final chek. Hal itu terkait dengan persiapan terakhir pelaksanaan event tersebut yang di mulai tanggal 14 hingga 16 Februari pekan depan di Pusatkan di Likupang Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan yang merupakan side event dari G20 yang fokus dalam isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan tersebut dalam penyampaiannya Asisten I Setdaprov Sulut, Denny Mangala (mewakili Sekertaris Daerah Provinsi, Gammy Kawatu) pun mengungkapkan, koordinasi ini sangat penting, sebagaimana petunjuk dari Gubernur (Olly Dondokambey) akan tugas tanggungjawab serta mensupport terlaksananya kegiatan ini hingga berjalan dengan baik

“Namun, kita juga melihat kondisi sekarang ini Covid19, maka kita harus memperketat pelaku perjalanan dari luar dengan menempatkan pos rapid serta perketat protokol kesehatan, dalam surat edaran gubernur sudah dibatalkan (terkait karantina 5 x 24 Jam),” terang Mangala.

Sebelumnya melalui Kepala Bappeda Sulut, Jenny Karouw dalam laporannya pun mengungkapkan ada beberapa directflight ke sulut dari beberapa negara, namun yang dari Jepang sudah ada di Jakarta. Ada kurang lebih 100 lebih peserta yang akan datang, dimana sekitar 60 sudah fix, bagi para peserta yang sudah ada di Likupang.

Kesiapan mulai dari penjemputan para delegasi tamu sudah dikomunikasikan dan dimaksimalkan oleh Pemprov Sulut dan Pemkab Minut.

“Akan ada dua lokasi rapidtest dan akan dibagi dua sehingga tidak digabung dengan penumpang umum. Transportasi disiapkan dari Pemprov Sulut berupa vooridjer dan kendaraan standar pejabat negara. Kami juga terus melakukan koordinasi dengan panitia pusat akan keberangkatan para delegasi hingga tiba di Sulawesi Utara,” terang Warouw.

Dilaporkannya juga bahwa pada tanggal 16 sudah ada acara welcome dinner, bertempat di Paradise Likupang, tangal 17 rencana akan dihadiri ibu Menteri P3A, tapi tentatif apakah akan hadir langsung maupun online. Dan acara akan dibuka pak Gubernur. Gala Diner nanti akan tampil menjadi host, yang dilaksakan di Bumi Beringin. Nantinya akan ada kunjungan-kunjungan ke beberapa lokasi, yang salah satunya di pantai Pall Minahasa Utara.

Diketahui, Group of 20 (G20) adalah grup dari 19 negara dan Uni Eropa. G20 merupakan forum Ekonomi dengan posisi yang sangat strategis karena mempresentasikan 60% dari populasi dunia, 75% perdagangan global dan 85 persen dari ekonomi dunia.

W20 adalah salah satu Engagement Group (EG) dari G20 yang fokus dalam isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Indonesia, sebagai presidensi G2O di tahun 2022, juga memiliki komitmen yang kuat dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. W20 yang merupakan salah satu EG, akan berkolaborasl dengan seluruh EG/WG untuk memastikan adanya pengarusutamaan isu gender dan pemberdayaan perempuan dalam deklarasi pemimpin G20.

Hadir dalam rapat Final Chek tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kominfo Sulut, Evans Steven Liow, Dir Ops dan Dir Intel Polda Sulut, Pemkab Minut beserta para stakeholder terkait laijnya.

(Roso/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.