Sekdaprov Kawatu Bersama Disdukcapil dan KB Sulut Launching Aplikasi SIPAK Sulut Hebat

Manado SULUT,sulutexpres.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Keluarga Berencana (KB) melaunching Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIPAK) Sulut Hebat yang digelar di Hotel Aryaduta Manado, Selasa (30/11/21).

Dirangkaian dengan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tahun 2021, peluncuran SIPAK dilakukan oleh. Sekdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu didampingi oleh Korwil IV Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI Adjrun Rahmad dan Plh. Kadis Dukcapil dan KB prov Sulut

Dalam sambutannya, Kawatu memberikan apresiasi terhadap peluncuran Aplikasi SIPAK, seraya berharap agar aplikasi tersebut dapat memberikan dukungan lebih pada terbangunnya akurasi data base di tingkat pusat maupun daerah.

“Saya berharap kehadiran aplikasi kependudukan ini dapat lebih mendukung terbangunnya akurasi database kependudukan mulai yang ada di kabupaten/kota, provinsi hingga secara nasional,” ujar Sekdaprov Kawatu.

Kawatu kemudian menjelaskan, negara pada hakekatnya berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status hukum atas peristiwa penting yang dialami penduduk sesuai yang terdapat pada UU Nomor 24 Tahun 2013.

“Tujuannya yaitu untuk tertibnya administrasi kependudukan dengan terbangunnya database kependudukan secara nasional, serta keabsahan dan kebenaran atas dokumen kependudukan yang diterbitkan,” ungkapnya.

Untuk itu, Kawatu menyebut bahwa Aplikasi SIPAK dapat menjadi sarana dalam melihat lebih jauh masalah aplikasi kependudukan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Lewat aplikasi ini setiap angka maupun data yang ada dapat dimasukkan secara cepat dan akurat, sehingga kita bisa langsung tahu kalau misalkan ada penduduk yang pindah tempat (domisili) atau bahkan meninggal dunia,” terangnya.

Terakhir, Kawatu mengharapkan oleh Disdukcapil dan KB Sulut agar aplikasi SIPAK dapat segera diintegrasikan dengan data pada sistem Comment Center Pemprov Sulut.

Sebelumnya, dalam laporannya Plh. Kadis Dukcapil dan KB Sulut Voura Vivera Kumendong melaporkan bahwa salah satu tujuan dari peluncuran aplikasi SIPAK.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Dukcapil dan kabupaten/kota se-Sulut, serta para pejabat terkait di lingkup Pemprov Sulut maupun kabupaten/kota.

(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.