Wagub Steven Hadiri Launching Gernas BBI dan BWI, #PelangiSulawesi

  • Whatsapp

SULUT,sulutexpres.com – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menghadiri kegiatan Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI) dengan tema “Dari Sulawesi Menuju Mancanegara” di Hotel Four Points Manado, Kamis (26-8-2021).

Penyelenggara kegiatan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri bertujuan untuk semakin mengembangkan perdagangan dan juga kearifan lokal yang dapat meningkatkan sektor-sektor lainnya seperti pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dari Jakarta yang dibuka Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan didampingi Mendag Muhammad Lutfi serta Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Dilanjutkan dengan bincang interaktif dengan UMKM/stakeholder se-Sulawesi oleh Menteri Perdagangan dan Menkomarves serta Wagub Sulut.

Sekaligus belanja “online” produk lokal Sulawesi Utara dan donasi untuk Konservasi Terumbu Karang di Likupang dengan metode pembayaran QRIS.

Dalam kesempatan Wakil Gubernur Steven Kandouw atas nama Pemprov. Sulut memberikan apresiasi kegiatan ini sebagai gagasan untuk mengajak masyarakat mencintai produk lokal, sehingga dapat membangkitkan perekonomian nasional.

“BBI menjadi tantangan bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah untuk menghasilkan produk-produk lokal maupun kerajinan yang kreatif, berkualitas, berbasis tradisi dan warisan budaya, dan terus berinovasi menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujar Wagub.

Wagub Steven juga mengingatkan kepada pihak perbankan untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat yang mendapatkan KUR demi kelancaran proses pertanggungjawabannya.

Menurut Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga bahwa di masa pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk memasarkan sebuah produk.
Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, di antaranya memanfaatkan sistem belanja “online”.

Menteri Perdagangan Lutfi secara virtual juga menuturkan digitalisasi UMKM menjadi kunci dalam pengembangan kampanye BBI di tanah air.

Hingga pertengahan Agustus 2021, telah ada 15 juta UMKM yang telah bergabung dalam platform perdagangan elektronik.

Sebagai movement manager dari kampanye ini, Mendag berharap dapat ikut dalam memicu kinerja sektor ekonomi perdagangan dan membantu pemulihan ekonomi nasional pada triwulan kedua 2021.

Sementara itu, terkait sektor wisata, dengan kampanye bertajuk #PelangiSulawesi ini jadi ajang untuk mengenalkan potensi wisata di Sulawesi Utara, khususnya KEK Likupang.

Secara virtual diikuti Menteri Koperasi dan UMKM serta para Bupati/Walikota se-Sulawesi.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten II Pemprov, Gubernur BI, Wakil Direktur BNI Pusat, Kepala Perwakilan BI serta Pimpinan Perbankan, dan Pejabat Eselon II Pemprov terkait.
(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *