Wagub Steven Buka Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Pemuda Nusa Utara

  • Whatsapp

Manado – SULUT,sulutexpres.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI terus berupaya menggali potensi ekonomi digital di Indonesia. Hal ini terbukti lewat Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang kini telah menjangkau salah satu daerah terluar Indonesia, yaitu Nusa Utara.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw yang berkesempatan membuka secara virtual kegiatan yang diberi tajuk “1000 Inovasi Hebat Pemuda Nusa Utara untuk Indonesia” tersebut memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan roadshow tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih serta memberi apresiasi kepada Kementerian Kominfo, Regional Officer Manado, serta Komunitas Pemuda Nusa Utara yang atas kerjasamanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini boleh mencapai wilayah kepulauan di Sulawesi Utara,” ujar Wagub Steven di Ruang Kerja Wagub, Kamis (26/8/2021).

Wagub mengaku beruntung, karena menurutnya kegiatan roadshow tersebut merupakan suatu hal yang positif bagi Sulawesi Utara, khususnya wilayah Nusa Utara diketahui punya banyak potensi yang bisa dikolaborasikan dengan dunia digital.

“Lewat roadshow ini kita bisa mengeksplor potensi-potensi tersebut, sekaligus melihat dan memperhatikan apa saja yang masih jadi kendala disana,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kementerian Kominfo Sonny Sudaryana menyampaikan bahwa kegiatan roadshow tersebut merupakan bentuk dukungan dari Kementerian Kominfo terhadap pengenalan startup di Nusa Utara.

“Kominfo lewat kegiatan ini mendorong para peserta agar tidak kalah dengan daerah lain dalam membangun ekonomi digital guna mendukung pembangunan daerah,” tuturnya.

Sonny kemudian mengungkapkan bahwa saat ini banyak anak muda yang berupaya untuk membangun suatu usaha, khususnya di bidang digital guna memajukan perekonomian daerahnya masing-masing.

“Tren yang terjadi sekarang yaitu banyak anak-muda muda yang ingin membangun usaha, baik itu sendiri-sendiri ataupun dengan cara kolaboratif, sebagai bentuk partisipasi mereka guna berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui ekonomi digital,” terangnya.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan upaya bahu membahu para penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diluncurkan secara resmi oleh Kementerian Kominfo pada 17 Juni 2016, gerakan ini diharapkan menjadi pendorong terciptanya deretan startup yang mampu memberi solusi permasalahan lewat pemanfaatan teknologi digital, melalui lahirnya entrepreneur-enterpreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia.

Kegiatan yang ditargetkan diikuti oleh 600 peserta tersebut juga dihadiri oleh Co-Founder Pijar Maria Silangen, VP Satu Tampa dan Regional Officer Manado Lady Giroth, Regional Officer Manado Leyne Sagay, tokoh Nusa Utara Prof. Frans Ijong, Ketua Komunitas Pemuda Nusa Utara Hendrik Manossoh, serta Rina Taghulihi yang bertindak selaku moderator diskusi.

(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *