Terima Audiensi BPS, Gubernur Raih Penghargaan Daerah Pertumbuhan Ekonomi Terbaik

  • Whatsapp

SULUT,sulutexpres.com – Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw menerima Audiensi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Asim Saputra di ruang VIP DPRD Sulut, Kamis (19/8/2021).

Disaksikan Ketua DPRD Sulut, Fransiskus Silangen dan Wakil Ketua DPRD Victor Mailangkay, BPS memberi penghargaan atas Kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang berhasil tumbuh positif hingga 8,49%, dinilai jadi yang terbaik di Indonesia.

“Capaian kinerja perekonomian sampai Semester I tahun 2021, bahwa secara berturut-turut, Provinsi Sulut mampu tumbuh 1,87% pada triwulan 1 dan 8,49% pada triwulan 2 tahun 2021 secara “year on year,” tuturnya.

Produk Domestik Regional Bruto ADHB mencapai Rp 34.77 triliun.
Sementara Produk Domestik Regional Bruto ADHK Rp 22,46 triliun.

Lebih lanjut Asim memaparkan bahwa sesuai hasil survey, pada triwulan 2 hampir semua sektor lapangan usaha tumbuh positif, mulai sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor transportasi, sektor perdagangan serta sektor konstruksi yang memberi “multiplier effect” pada sektor lapangan usaha lainnya.

“Sementara, persentase kemiskinan di tengah pandemi mampu turun tipis, dan tekanan pengangguran juga berkurang karena pekerja memasuki sektor informal dengan jam kerja lebih sedikit pada masa pandemi Covid-19,” sambungnya.

Gubernur Olly Dondokambey menyambut dengan penuh rasa syukur penghargaan tersebut, karena dapat memotivasi Pemprov. Sulut untuk berbuat lebih baik lagi guna menjadikan Sulut Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

Gubernur juga berharap semoga BPS dapat terus menjalin komunikasi yang baik dengan Pemprov. Sulut, serta memberikan masukan-masukan konstruktif berbasis data guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulut.

“Pemprov Sulut sangat mengharapkan berbagai masukan yang positif, tentunya dengan berbasis data BPS agar arah perencanaan pembangunan lebih memenuhi kebutuhan masyarakat,” tukasnya.

Turut hadir, Asisten II Praseno Hadi, Asisten III Asiano Gemmy Kawatu, dan Ketua BPKP Setya Nugraha, bersama jajaran BPS Sulut.
(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *