Buka Rapat Timpora Minut, Bupati JG : Kita Tidak Menghambat Orang Asing Tapi Harus Waspada

  • Whatsapp

MINUT, SulutExpres.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tidak akan menghambat orang asing apabila memiliki tujuan baik, tapi harus waspada jangan sampai ada masalah dengan kedatangan mereka.

Penegasan ini disampaikan Bupati Joune JE Ganda SE, kala membuka rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Minahasa Utara, dengan tema ‘Penguatan dan sinergitas pengawasan keimigrasian di masa tatanan normal baru Tahun Anggaran 2021’, Jumat (21/5/2021), di hotel Minahasa Utara.

“Tentunya kita Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sangat berterima kasih karena ini langkah koordinasi dan evaluasi yang dilakukan di jajaran lintas kita, ini upaya mengantisipasi pengawasan orang asing, kita memiliki DSP Likupang dan membuka peluang turis mancanegara, dimana ada penanaman modal dan pekerja asing di Minut baik sektor perikanan dan pertambangan,” kata Bupati dalam sambutan.

“Kami berharap dapat memberikan solusi yang terbaik apalagi di masa pandemi ini, di satu sisi kita membuka orang asing tapi juga harus mewaspadai orang asing agar apa yang kita tidak inginkan itu tidak terjadi, kita berharap dalam rapat ini juga ada tukar informasi. Saya memberi dukungan agar terus berkoordinasi dengan Kemenkum-HAM khususnya Imigrasi agar kita mengambil langkah tegas. Kita tidak mau menghambat orang asing apabila mereka memiliki tujuan baik, tapi kita harus waspada, jangan sampai kita ada masalah dengan kedatangan mereka,” sambungnya.

Di tempat sama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum-HAM Sulut Lumaksono SH MH menjelaskan, Imigrasi merupakan salah satu aparat untuk pengawasan orang asing.

“Tapi dalam pengawasan orang asing ini bukan hanya tugas Imigrasi saja, sehingga butuh aparat penegak hukum lainnya untuk kita bersama-sama mengawasi orang asing, khusus Kabupaten Minahasa Utara kita mengharapkan investor datang selain ada kunjungan turis asing, nah tentu kita harus mewaspadai kedatangan orang asing, saya harapkan kita saling dapat memberikan informasi agar kita memberikan tindakan bagi yang dapat merugikan Indonesia khususnya Minahasa Utara,” ucap Kakanwil.

Turut hadir Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kaban Kesbangol Minut, Forkopimda dan Timpora Minut.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *