Catat Sejarah di Indonesia, Bupati Minut dan Walikota Bitung Wujudkan Permendagri Nomor 58 Tahun 2015 Sepakati Batas Daerah

  • Whatsapp

MINUT, SulutExpres.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune JE Ganda SE dan Wali Kota Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, melakukan kesepakatan bersama dalam melaksanakan Permendagri Nomor 58 tahun 2015, tentang batas daerah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara di Batu Panga, Selasa (11/5/2021).

Bupati Joune Ganda mengatakan, ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk mewujudkan Permendagri Nomor 58 tahun 2015.

“Ini mungkin yang pertama kali di Indonesia, kesepakatan bersama tentang batas daerah antara Kabupaten Minahasa Utara dan Bitung yang pertama kali di Indonesia,” singkat Bupati JG mengenakan pakaian adat, saat diwawancarai wartawan, di kantor PT MSM/TTN, Selasa (11/5/2021).

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE, menyatakan inilah manfaat dari sinergitas antara dua pemerintah yang selama ini batas Provinsi Sulawesi Utara masih menjadi kendala.

“Hari ini tuntas satu yakni Bitung dan Minahasa Utara, kemarin juga saya sudah mengajak rapat Bolaang Mongondow dan Bolsel, mudah-mudahan dalam waktu minggu-minggu kedepan sudah bisa kita pancang lagi tapal batas, begitu pun Tomohon sama Minahasa. Jadi dalam era kepemimpinan OD-SK kita tuntaskan semua tapal batas, karena kita dan DPR sudah akan membuat undang undang Provinsi Sulawesi Utara,” terang Gubernur Olly.

“Apalagi Undang-Undang Sulawesi Utara terbentuk tahun 1964, dulunya itu masih 5 kabupaten dan sekarang sudah 15 Kabupaten Kota. Kebetulan dengan situasi dan kondisi sekarang yang kondusif, maka saya kira hari ini kita mencatat sejarah, tidak ada perbedaan antara Kepala daerah di Provinsi Sulawesi Utara, ini salah satu contoh sinergitas Provinsi bersama Kabupaten Kota berjalan dengan baik dan gampang dikoordinasikan,” sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama melaksanakan Permendagri Nomor 58 tahun 2015 tentang batas daerah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara, serta penandatanganan batas daerah.

Tampak hadir Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin W Lotulung SH MH, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, Karo Pemerintahan Provinsi Sulut DR Jemmy Kumendong MSi, Ketua DPRD Minut Denny K Lolong SSos, Sekretaris Daerah Kabupaten Minut Ir Jemmy H Kuhu MA, jajaran Pemkab Minut dan jajaran Pemkot Bitung.

(Egen)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *