Kawangkoan Dicanangkan Desa Cantik, JGKWL Minta Seluruh Desa Tingkatkan Keaktifan Pendataan

  • Whatsapp

MINUT, SulutExpres.com – Bupati Minahasa Utara Joune JE Ganda SE didampingi Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH (JG-KWL), mencanangkan Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik), di Balai Desa Kawangkoan, Kamis (6/5/2021).

Bupati menuturkan, dengan dicanangkan Desa Kawangkoan sebagai Desa Cantik maka merupakan suatu kebanggaan dari Kabupaten Minahasa Utara.

“Seperti yang saya sampaikan dalam sambutan tadi bahwa ini 100 dari 74.956 Desa di Indonesia sehingga luar biasa, oleh karena itu perlu dicontoh oleh Desa-Desa lain yang ada di Kabupaten Minahasa Utara,” ucap Bupati kepada wartawan.

Dilanjutkannya, apabila semua Desa itu sudah Desa Cantik maka informasi yang dimiliki itu lebih akurat.

“Oleh karena itu seluruh Desa saya minta untuk meningkatkan keaktifan didalam pendataan dan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) begitu juga setiap OPD Dinas-Dinas terkait agar berkolaborasi dengan BPS, agar informasi yang kita terima, yang dirangkum, dan yang disajikan betul-betul mendekati sempurna,” harapnya.

“Tentu namanya statistik tidak ada yang 100 persen, ada margin errornya, semakin kecil margin errornya maka semakin akurat informasi yang kita terima dan semakin tepat juga setiap tindakan kebijakan yang kita ambil untuk masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya Kepala BPS Provinsi Sulut, Asim Saputra S.ST, M.Ec, mengatakan program cinta statistik yang perlu diingat adalah persoalan bagaimana mengumpulkan data.

“Pendataan potensi desa yang semuanya dilakukan di desa, semua data yang dikumpulkan ini datanya berbeda-beda tapi sumbernya sama, kita akan mengumpulkan data dengan standar karektaristik yang jelas, kami ingin membedakan kepala desa dan konsep penduduk,” ujarnya.

“Kami ingin aparat desa sangat memandang pentingnya data karena data adalah pelita pembangunan, kita harap data dari desa muaranya sama, ada data berbeda dari Disdukcapil, tapi seluruhnya sudah berbasis NIK, kami berkomunikasi bersama-sama membangun data Desa sehingga bisa terintegrasi dengan sama,” sambungnya.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Kawangkoan Eske FT Dendeng mengutarakan, Pemerintah Desa Kawangkoan mengucapkan syukur karena pada hari ini boleh mengadakan pencanangan Desa Cantik.

“Masyarakat sangat peduli terhadap para pendata untuk datang di tiap-tiap jaga, mereka semua menerima dengan penuh sukacita, mereka juga senang untuk memberikan data-data yang ada pada keluarga masing-masing di tiap jaga, setiap kepala jaga turun langsung pada masyarakat untuk mendata door to door mengadakan pendataan keluarga,” pungkasnya.

“Kami sangat berterima kasih pada pak Bupati dan pak Wakil Bupati yang boleh hadir di Desa Kawangkoan, seluruh Pemerintah, BPD, tokoh-tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh agama, kami bersama-sama menunjang program pendataan Desa Cantik,” kuncinya.

Tampak hadir Kepala BPS Kabupaten Minahasa Utara Ir Royke Rawung, M.M j, Sekretaris Daerah Kabupaten Ir Jemmy Kuhu MA, Pejabat Eselon II Pemkab Minut, Para Camat, Perangkat Desa, dan masyarakat.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *