Dikukuhkan Sebagai Tonaas Wangko Um Banua, Bupati JG : Kita Komit Terus Jaga dan Lestarikan Budaya

  • Whatsapp

MINUT, SulutExpres.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune JE Ganda SE (JG), resmi dikukuhkan sebagai Tonaas Wangko Um Banua, di Atrium kantor Bupati, Sabtu (1/5/2021). Pengukuhan ini dihelat oleh Paimpuluan Ne Tonsea.

Bupati dalam sambutan, terharu karena dirinya baru pertama kali merasakan bagaimana mendapatkan mandat dari para pakasaan makasiow yang mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Utara.

“Beban dan tanggung jawab yang besar saya pahami ini sebagai tanggung jawab untuk membawa masyarakat Kabupaten Minahasa Utara menjadi lebih sejahtera ada di pundak saya dan pak Kevin, ini bukanlah tanggung jawab yang mudah,” tutur Ganda.

Oleh karena itu, lanjut dia, pakasaan makasiow memberikan banyak wejangan, banyak arahan, untuk bagaimana membawa masyarakat Kabupaten Minahasa Utara ini menjadi lebih baik.

“Atas nama pribadi keluarga dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, kami semua berdiri menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya buat seluruh tua-tua yang memprakarsai pelaksanaan acara ini, yang sudah memberikan wejangan-wejangan kepada saya, yang sudah memberikan pandangan-pandangan bagaimana menjadi tonaas wangko,” katanya.

Ditambahkannya, tanggung jawab ini sudah dia sampaikan ke seluruh perangkat desa, seluruh perangkat daerah, pun Wakil Bupati juga berdiri untuk mewujudkan komitmen bersama.

“Bahwa kami akan memegang teguh, akan menjalankan dengan sepenuh hati tanggung jawab yang diberikan ini demi masyarakat kabupaten Minahasa Utara, kami juga berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan budaya tonsea, budaya minahasa, yang menjadi kearifan lokal untuk kita angkat kita jadikan budaya ini menjadi tuan rumah di tanah kita sendiri, untuk mengangkat budaya kita masuk ke dalam program-program kita kedepan,” ucapnya.

“Menjadikan acara-acara adat seperti ini terus menerus dilakukan, agar kita tidak melupakan apa yang sudah menjadi warisan dari nenek moyang kita turun temurun sampai pada saat ini, kiranya kita mampu melaksanakan tanggung jawab ini dengan sungguh-sungguh dengan sepenuh hati untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara,” sambungnya.

Acara pengukuhan ini dihadiri Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin W Lotulung SH MH, Ketua TP PKK Kabupaten Minut ibu Rizya Ganda-Davega, Ketua DPRD Minut Denny K Lolong Ssos, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK MSi, Ketua PN Airmadidi H Mohamad Sholeh, SH MH, Kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH, Pimpinan dan pengurus paimpulan ne tonsea, mantan Bupati Minut, dan para pejabat pemerintah di lingkungan Kabupaten Minahasa Utara.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *