Kemenparekraf Pilih Minut Jadi Kabupaten Kreatif Indonesia, Bupati JG : Kita Harus Berterima Kasih dan Bersyukur

  • Whatsapp

MINUT, sulutexpres.com – Minahasa Utara patut bersyukur karena dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI), menjadi Kabupaten Kreatif Indonesia.

Demikian disampaikan Bupati Joune JE Ganda SE didampingi Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH, saat dikonfirmasi wartawan, usai penandatanganan hasil uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), di kantor Bupati, Jumat (23/4/2021).

“Kita harus berterima kasih dan bersyukur, tapi ini ada tantangannya. Dimana kita harus mengangkat kearifan lokal kita, mengangkat kreativitas kita, agar betul-betul didalam penilaian Kementerian, kita bisa dijadikan sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia, nah jadi ini nasional,” kata Bupati Joune.

“Untuk masuk dalam kriteria itu saja sudah bagus sekali, dan ini kesempatan bagi kita Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, kita akan mengorganize, kita akan menggerakkan semua sektor, semua stakeholder yang kita miliki, agar penetapan Kabupaten Minahasa Utara sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia, kita mendapatkan ranking yang tinggi,” sambungnya.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya tadi sudah menampilkan musik kolintang sebagai salah satu, nanti masih banyak hal-hal yang akan diuji petik untuk melihat apakah ikut mendorong kreativitas yang ada di Kabupaten Minut sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia.

“Juga mendorong kolintang di Unesco Tahun 2023, karena kalau kita mengangkat kolintang, ini menjadi bagian intangible cultural heritage di Unesco. Maka kolintang harus menyebar, dikuasai, dan diketahui oleh masyarakat Minahasa Utara, karena kita menetapkan Desa Lembean sebagai Desa asal dari kolintang, nah kalau misalnya ditetapkan begitu maka masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara pun harus tahu bahwa kolintang ini aslinya dari Minahasa,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penandatanganan berita acara, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Selliane Halia Ishak, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjilly, Sekdakab Minut Ir Jemmy H Kuhu MA.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *