JGKWL Rakornas Virtual Bersama Presiden, Bupati JG : Kita Diminta Fokus Belanja Modal Daripada Belanja Rutin

  • Whatsapp

MINUT, sulutexpres.com – Rabu (14/4/2021), bertempat di kantor Bapelitbang Minut, Bupati Joune JE Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH (JG-KWL), mengikuti rakornas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo secara virtual dari Istana Jakarta.

Rakornas ini juga diikuti oleh Kepala Daerah se Indonesia Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 yang baru dilantik tahun 2021.

Bupati JG mengungkapkan, Presiden mengarahkan langsung dan memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi Kepala Daerah.

“Pak Presiden juga menekankan terutama dalam hal penggunaan anggaran negara ini diharapkan kita harus lebih fokus kepada hal-hal yang paling bermanfaat dan bisa dilihat hasilnya, mengapa ada penekanan pak Presiden mengenai masalah fokus terhadap penggunaan anggaran? karena anggaran kita terbatas, karena itu diharapkan Kepala Daerah memiliki kreativitas kemampuan untuk memilah-milah mana yang paling prioritas dan yang paling bermanfaat,” terang Bupati JG dan Wabup KWL, kepada wartawan, seusai mengikuti rakornas.

Dilanjutkannya pula, Presiden mengingatkan mengenai komposisi yang mana diminta untuk belanja modal lebih banyak daripada belanja rutin.

“Nah belanja rutin ini termasuk gaji didalamnya pembayaran Tenaga Harian Lepas (THL), sehingga pak Presiden meminta untuk rasionalisasi itu, kalau kita terlalu banyak pengeluaran pembayaran gaji maka belanja modal akan kecil, jadi kita tidak menerima jumlah THL yang banyak tetapi kita mengikuti fungsinya, kita merekut itu berdasarkan kebutuhan,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan arahan Presiden menunjukkan bahwa pihaknya betul-betul harus fokus pada pembangunan terutama pada belanja modal berupa infrastruktur, alat-alat pertanian, dan lain sebagainya.

“Tentu yang sifatnya mendorong pertumbuhan ekonomi, nah diharapkan belanja modal ini akan ikut menggerakkan perekonomian masyarakat dengan cara kita akan mengaktifkan keterlibatan masyarakat didalam pergerakan ekonomi seperti UMKM,” pungkasnya.

“Kita juga akan membangun pasar, di tahun-tahun mendatang kita akan memperbaiki pasar kita supaya masyarakat bisa berbisnis disitu dan melayani masyarakat dengan lebih baik, kemudian kita fokuskan infrastruktur dasar pertanian, kita akan bangun irigasi, kita akan bangun jalan-jalan di pertanian, supaya hasil pertanian bisa mudah dijangkau dan ongkosnya bisa murah dan dia jual tidak mahal, sehingga itu menjaga inflasi kita dan stabilitas harga kita bisa bagus,” tambahnya.

Selain mendapat arahan Presiden Jokowi, Bupati JG dan Wabup KWL juga mendapatkan arahan dari Menkopolhukam, Menkeu, Menkes, Mendagri, Kepala BNPB.

Turut hadir Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA, Ketua DPRD Denny K Lolong SSos, Forkopimda Minut, Para Asisten dan Pejabat Eselon II Pemkab Minut.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *