Jadi Panelis Seminar Live dan Virtual Kolintang Goes to Unesco, Joune Ganda Dorong Kecintaan Masyarakat Terhadap Kolintang

JAKARTA, sulutexpres.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara yang juga Ketua DPD Persatuan Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Joune JE Ganda SE, akan terus mendorong kecintaan masyarakat terhadap kolintang.

Demikian diutarakan Ganda saat menjadi salah satu panelis dalam seminar Virtual dan Live Kolintang menuju warisan budaya tak benda UNESCO, Kamis (25/3/2021), di Jakarta, menariknya Joune Ganda tampil memukau pada kegiatan tersebut.

Diterangkannya, dalam menuju warisan budaya tak benda UNESCO, sejumlah upaya yang dilakukan antara lain bakal menggagas kerjasama dengan pihak Universitas Manado untuk memasukan kolintang dalam materi kurikulum ekstrakulikuler bagi para mahasiswa.

“Kita akan mendorong agar para pelajar semua tingkatkan hingga mahasiwa akan mandapatkan materi dan teknis belajar musik kolintang secara masiv,” pungkasnya.

“Untuk program jangka panjang kita akan merangkul para insan kolintang dalam satu museum kolintang di Minahasa sebagai asal muasal seni musik Kolintang,” sambungnya.

Lebih jauh Ganda menambahkan, untuk menjadikan musik kolintang sebagai warisan tak benda dari UNESCO, yang paling urgen dilakukan adalah menyatukan dan sinergitas antara upaya PINKAN Indonesia dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam hal kebijakan serta regulasi yang terkait.

“Yang pasti DPD PINKAN Sulut siap mendukung dan menghadapi progres dan tantangan musik Kolintang menuju warisan budaya tak benda UNESCO,” serunya.

Turut menjadi Panelis dalam kegiatan ini, Vincent Piket (Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia), Laks. TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (Pembina Pinkan Indonesia), dan Prof. Ir. Wiendu Nuryanti (Budayawan) serta Umum DPP PINKAN Indonesia Ny Penny Marsetio, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut serta pemerhati Kolintang di Indonesia.

(Egen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *