Perkuat Program Daerah, Plt Kadis Patricia Mawitjere Buka Rakor Bidang Kebudayaan Sulut

  • Whatsapp

MANADO, sulutexpres.com – Senin (15/03/2021) malam Plt Kadis Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Patricia Mawitjere membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kebudayaan yang digelar Balai Pengembangan Nilai Budaya Sulawesi Utara bertempat di Mercure Hotel.

Plt Kadisbud mendapat kesempatan membawa materi program prioritas kebudayaan Sulawesi Utara.

Kegiatan ini mengangkat tema ‘Membangun dan Membina Sinergisme dalam Upaya Membangun Kebudayaan di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo’.

Saat membuka acara dan membawakan materi terkait program prioritas kebudayaan Sulut, Mawitjere menyampaikan bahwa dalam membangun dan memperkuat budaya daerah, sangatlah penting sinergitas dan sinkronisasi program kegiatan kebudayaan baik Kementerian, Lembaga Dinas Kebudayaan tingkat Provinsi maupun Dinas yang membidangi Kebudayaan di Kabupaten dan Kota, bahkan lembaga dan stakeholder terkait di daerah.

“Sinergitas dan sinkronisasi program kegiatan Kebudayaan ini justru akan mempercepat Pemajuan Kebudayaan itu sendiri,” tandas Patricia Mawitjere.

Selain itu, Mawitjere pun mendorong agar para pegiat budaya dan lembaga terkait untuk terus berinovasi bahkan terus mengedukasi masyarakat luas terhadap kekayaan budaya lokal termasuk seni budaya.

Sehingga, tambah dia perlu adanya dukungan terhadap inisiatif publik dalam bentuk dana perwalian, membangun ekosistem kebudayaan dan tata kelolanya, serta membangun kesadaran publik.

Ia beralasan para pemangku kepentingan di bidang kebudayaan perlu memiliki komitmen kuat terlibat langsung melalui program-program prioritas yang diusung.

“Maka setiap Kabupaten dan Kota wajib menyusun dan memiliki dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) dalam rangka pemajuan Kebudayaan,” terang Patricia Mawitjere.

Dalam PPKD kabupaten/kota justru memuat kondisi faktual dan permasalahan yang dihadapi daerah dalam upaya pemajuan kebudayaan, beserta usulan penyelesaiannya.

Sehingga dia berharap, setiap tamu dan pengunjung menginjakkan kaki di Sulawesi Utara, mereka langsung terkesan, karakter budaya daerah ini begitu terasa dan kental.

“Apalagi, kekayaan budaya daerah ini dipadu dengan potensi pariwisata, maka budaya makin membentuk karakter daerah ini menjadikan Sulut makin hebat kedepan,” ujar Plt Kadisbud Sulut ini.

Tidak saja itu, dampak lain yang dirasakan yaitu peningkatan ekonomi masyarakat daerah dengan hadirnya wisata budaya.

Tentu hal ini menjadi sasaran program Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (ODSK) untuk peningkatan ekonomi masyarakat daerah sekaligus menambah PAD dalam menggerakan ekonomi dan roda pembangunan.

Rakor Bidang Kebudayaan diikuti Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya, Cagar Budaya Sulut, Kepala Balai Bahasa Sulut, Kadis yang membidangi Kebudayaan dari Kabupaten/Kota se-Sulut, se-Sulteng dan se- Gorontalo, Istri Wakil Bupati Bolmut, pejabat struktural Bidang Kebudayaan Suluttenggo.

Kegiatan ini berlangsung Senin 15 s/d Rabu 17 Maret 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(Roso)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *