Desa Wiau Lapi Barat Jadi Pilot Project Penyangga KEK Pariwisata Sulut 

  • Whatsapp

Minsel, Sulutexpres.com–Kepedulian Pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi kepada Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sangat brilian. Sinergitas yang tangguh dibuktikan dengan ditetapkannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang menjadi 5 destinasi super prioritas oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
Tak tanggung,anggaran berbandrol Rp. 773,71 Miliar digelontorkan demi memacu perkembangan potensi pariwisata di wilayah Likupang Sulut.

Dalam program Pariwisata KEK ini, Desa Wiau Lapi Barat Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pun ikut ‘terseret’ dalam sukses Pariwisata di Sulut dengan menjadi salah satu desa penyangga KEK Pariwisata Likupang.

Gayung bersambut, Pemerintah Kabupaten Minsel bersama Pemerintah Desa Wiau Lapi Barat pada besok hari Senin (08-02-2021) melalui Tim Destinasi Wisata Desa Wiau Lapi Barat,akan menggelar Sosialisasi Pengembangan Destinasi Pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism),yang dipastikan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Minsel Frangky D Wongkar SH di Aula Kantor Desa Wiau Lapi Barat.

Hal ini pun dijelaskan Ketua Koordinator Tim Destinasi Wisata Penyangga WLB Eddy Th.Terok,S.Par,MTRST ditemani tim design Putri asli Desa Wiau Lapi Barat Syully Prok S.Pd.

“Memang benar Desa Wiau Lapi Barat terpilih menjadi Desa Penyangga Wisata KEK Likupang,besok akan ada sosialisasi.Kami pun sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan desa untuk menggelar sosialisasi,agar proses menuju desa penyangga pariwisata berjalan baik sehingga bisa memacu pendapatan desa demi kesejahteraan masyarakat, “Ujar Terok pada media ini Minggu (07-02-2021).

Terpisah Hukum Tua Desa Wiau Lapi Barat Denny Worotitjan SE pun menyambut baik serta berharap warganya mendukung penuh program ini.

“Mari kita dukung dan wujudkan Desa Wiau Lapi Barat sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Unggulan di Minsel,” Ucap Denny.

Dalam giat sosialisasi ini akan dihadiri oleh Wakil Bupati Minsel Frangky D Wongkar SH, Kadis Pariwisata Minsel, Kadis Koperasi dan UMKM Minsel,Pimpinan Organda Sulut, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa, Pengurus Koperasi Berkat Karunia dan Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Keluarga sadar wisata Desa Wiau Lapi Barat.
Kegiatan ini pun disponsori oleh Bank BRI Tareran dan GRAB Sulut.
(Roger)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *