Prihatin Maslah Sampah, Gubernur Olly Tinjau Langsung Kesemua Titik Banjir

  • Whatsapp

SULUT, sulutexpres.com – Usai peninjauan pembangunan TPA Regional Mamitarang Ilo-ilo Wori Kabupaten Minahasa Utara, Senin (1/2/2021). Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan rombongan meninjau sejumlah titik banjir.

Turun langsung, Gubernur Olly melihat di sejumlah titik kota Manado sampah berserakan. Dirinya pun prihatin meliaht kondisi tersebut.

“Pemerintah Kota Manado tak efektif dalam penanganan sampah akibatnya saat ini rakyat yang mengalami masalah serius,” ujar Gubernur.

“Selain bahaya penyakit Covid, warga Manado kini dihadapkan pada bahaya penyakit kolera, karena selain sampah juga ada sampah pasca bencana banjir,” tambah Olly.

Meski demikian kata Gubernur Olly, masalah sampah belum ada koordinasi dari Pemkot Manado, tapi mengingat sudah urgensi maka akan diambil langkah-langkah penanganan.

“Segera akan dilakukan koordinasi dengan Pemkot Manado untuk menangani masalah sampah ini, dan Pemprov Sulut siap mengambil tindakan nyata, dalam dua pekan sudah dapat diatasi,” pungkas Gubernur Olly saat diwawancarai wartawan di Jembatan Miangas.

Terpisah, Staf Khusus Gubernur Sulut Pdt Lucky Rumopa yang ikut memantau saat diwawancarai mengatakan masalah sampah seharusnya dapat secepatnya diatasi Pemkot Manado.

“Benar kata pak Gubernur Olly, saat ini warga Manado tak hanya menghadapi penyebaran Covid, tapi juga penyakit kolera,” ungkap figur yang sempat terjaring sebagai Cawali-Cawawali di Pilwako Manado 2020 lalu.

Lebih jauh dikatakan sosok kritis ini, seharusnya pihak Pemkot Manado melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulut karena masalah sampah ini sangat membayarkan kesehatan masyarakat.

“Kalau Pemkot Manado tak segan melakukan koordinasi pasti masalah ini sudah teratasi, namun salut buat pak Gubernur Olly yang merasa prihatin hingga akan mengambil langkah penanganan dengan melakukan koordinasi bersama Pemkot,” tutup figur yang juga Ketua BPMJ GMIM Zaitun Mahakeret itu.

Hadir juga Sekprov Sulut Edwin Silangen, sejumlah Kepala SKPD diantaranya Kadis Perkim Sulut Steve Kepel, Kadis PMPTSP Sulut Franky Manumpil, Plt Kadis PUPR Sulut Adolf Tamengkel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *